Sudut, Satuan Panjang, Waktu, Berat dan Kuantitas
A. Menentukan Besar Sudut dengan Satuan Tidak Baku dan Satuan Derajat
1. Satuan tidak baku
Pengukuran besar sudut dengan menggunakan satuan tidak baku merupakan pengukuran besar suatu sudut dengan menggunakan sudut lain.
Perhatikan gambar berikut ini!
Misal: sudut A merupakan sudut satuan, maka:
besar sudut B adalah 2 sudut satuan.
Besar sudut E adalah 5 sudut satuan.
Contoh:
Jika sudut pada saat pukul 02.00 merupakan sudut satuan, maka besar sudut pada saat pukul 06.00 adalah . . . sudut satuan.
Jawab:
3 sudut satuan.
2. Satuan baku (satuan derajat)
merupakan pengukuran besar sudut dengan menggunakan busur derajat.
Langkah-langkah menggunakan busur adalah:
1. Tentukan titik/lubang tengah yang ada pada garis lurus pada busur.
2. Tempelkan titik/lubang tersebut pada titik sudut dari sudut yang akan diukur.
3. Tempelkan garis busur di salah satu kaki sudut.
4. Lihatlah letak angka nol pada garis tersebut.
Jika angka nol terletak di atas, maka yang dibaca adalah bilangan-bilangan yang terletak di atas, dan sebaliknya.
5. Lihatlah letak kaki sudut yang lainnya, menempel pada bilangan berapa. Bilangan itulah yang menunjukkan besar sudut tersebut.
3. Hubungan sudut dengan arah mata angin
· Sudut terkecil yang terbentuk antara arah timur dan utara adalah 900.
· Sudut terbesar yang terbentuk antara arah timur dan utara adalah 2700.
· Jumlah sudut terkecil dan terbesar = 3600.
Contoh:
Adit berjalan ke arah barat. Kemudian ia berbelok 900 ke kiri. Ke arah manakah Adit berjalan sekarang?
Jawab:
900 ke kiri dari barat adalah selatan.
B. Menentukan Hubungan Antar Satuan Waktu
Setiap 4 tahun sekali, bulan februari terdiri dari 29 hari, sehingga 1 tahun ada 366 hari, yang disebut tahun kabisat.
Contoh:
1. 2 jam 30 menit = . . . menit
Jawab:
2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit
30 menit +
150 menit
2. Usia Kakek sekarang 6 dasawarsa + 2 windu. Usia Kakek sekarang . . . tahun.
Jawab:
6 dasawarsa = 6 x 10 = 60 tahun
2 windu = 2 x 8 = 16 tahun +
76 tahun
3. Ratih belajar matematika mulai pukul 18.15. Ia belajar selama 75 menit. Ratih selesai belajar matematika pada pukul . . . .
Jawab:
C. Menentukan Hubungan Antar Satuan Berat
· Setiap turun 1 tangga, dikali 10.
· Setiap naik 1 tangga, dibagi 10.
· Contoh:
1. 3 km = . . . m
Jawab: 3 x 1000 = 3000
2. 4,9 dam = . . . dm
4,9 x 100 = 490
3. 80 mm = . . . cm
80 : 10 = 8
4. 6,4 cm = . . . m
6,4 : 100 = 0,064
D. Menentukan Hubungan Antar Satuan Panjang
· Setiap turun 1 tangga, dikali 10.
· Setiap naik 1 tangga, dibagi 10.
· Contoh:
1. 3 km = . . . m
Jawab: 3 x 1000 = 3000
2. 4,9 dam = . . . dm
4,9 x 100 = 490
3. 80 mm = . . . cm
80 : 10 = 8
4. 6,4 cm = . . . m
6,4 : 100 = 0,064
E. Menentukan Hubungan Antar Satuan Kuantitas
Contoh:
1. 3,5 rim = . . . lembar
Jawab:
3 rim = 3 x 500 = 1500 lembar
0,5 rim = 0,5 x 500 = 250 lembar +
1750 lembar
2. Ibu membeli sendok sebanyak 5 lusin dan piring sebanyak 2 kodi. Berapa jumlah seluruh barang yang dibeli Ibu?
Jawab:
Sendok 5 lusin = 5 x 12 = 60
Piring 2 kodi = 2 x 20 = 40 +
100
Jadi, jumlah selurung barang yang dibeli Ibu adalah 100 buah.
LATIHAN SOAL
1. Banyak sudut siku-siku pada persegi panjang adalah . . . .
2. Sudut yang besarnya kurang dari sudut siku-siku disebut sudut . . . .
3. Besar sudut terkecil yang dibentuk oleh arah utara dan barat adalah . . . .
4. 3 bulan + 35 hari = . . . minggu
5. 2 abad + 9 windu = . . . tahun
6. 9 hm – 0,5 dam = . . . . m
Blogroll
About
Selasa, 24 Oktober 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar