Selasa, 24 Oktober 2017

kelas 2 Berbagi dan Tolong Menolong

- Oktober 24, 2017


a.Pentingnya hidup rukun
Dalam lingkungan rumah dan sekolah pasti ada suatu perbedaan, yaitu beda agama, ras dan suku bangsa. Tetapi walaupun ada perbedaan kita harus hidup rukun agar dapat menciptakan suasana yang damai dan nyaman. Untuk mewujudkan hidup rukun kita harus mau berteman dengan siapa saja dan juga harus saling mengasihi, menyayangi, dengan sesama manusia tanpa membeda-bedakan agama dan suku bangsa.


b.Pentingnya saling berbagi
Saling berbagi dengan sesama tanpa memandang perbedaan agama dan suku bangsa merupakan sikap yang terpuji. Berbagi yaitu membantu teman yang membutuhkan bantuan dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan berbuat dengan hati yang tulus, contoh sikap saling berbagi dalam kehidupan sehari-hari yaitu memberi bantuan pada teman yang tertimpa musibah/mendapat kecelakaan, memberikan sedekah pada peminta-minta dan di sekolah misalnya : memberikan pinjaman alat tulis pada teman yang tidak membawa alat tulis.


c.Pentingnya saling tolong menolong
Dalam lingkungan rumah dan sekolah kita harus hidup saling tolong menolong meskipun kita berbeda agama dan suku bangsa karena manusia itu tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Contoh menolong dengan harta benda yaitu memberikan buku bacaan yanh sudah tidak dibaca, bantuan tenaga yaitu membantu mengumpulkan sumbangan dan menyalurkan kepada yang berhak. Saling tolong menolong merupakan pencerminan sikap gotong-royong dansebagai msesama makhluk Tuhan memang sepantasnyasaling mengasihi tanpa membeda-bedakan agama dan suku bangsa. Tolong menolong sangat penting untuk mewujudkan hidup rukun.

Evaluasi : Tes tulis, tes lisan
Soal tes tulis :
Pilihlah salah satu jawaban yang benar !
1. Gotong royong adalah….
     a. saling memberi
     b. saling membantu
     c. saling meminta


2. Hidup rukun adalah….
a. suasana hidup aman
b. suasana hidup sepi
c. suasana hidup tidak perduli


3. Saling berbagi adalah…
a. tidak memberi orang lain
b. memberi orang lain
c. mendiamkan orang lain


0 komentar:

Posting Komentar

 

Info Tempat Wisata Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea