Minggu, 15 Oktober 2017

kelas 4 Kenampakan Alam Lingkungan Sekitar

- Oktober 15, 2017
Kenampakan Alam Di Lingkungan Setempat

Juni 23, 2017

1.                             Kenampakan alam adalah berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah Kenampakan alam terdiri dari dua bagian pokok, yakni; kenampakan alam berupa daratan dan perairan.

2.                                 Kenampakan alam Daratan, Bentuk daratan bermacam-macam, antara lain;


a.     Gunung;  Ada dua macam gunung, yaitu;

· Gunung berapi menghasilkan barang-barang tambang, seperti, batu, pasir, belerang, dan sumber air panas. Sumber air panas dapat menjadi daya tarik pariwisata bagi daerah.

·   Gunung yang tidak berapi bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan, kehutanan, suaka margasatwa, atau tempat rekreasi.

b.    Pegunungan adalah kumpulan atau gugusan beberapa gunung besar dan kecil yang memanjang dan sambung-menyambung satu sama lain. Tingginya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut, berhawa sejuk dan sering dimanfaatkan untuk tempat rekreasi, peristirahatan, dan pertanian. Pertanian yang dikembangkan di daerah pegunungan adalah pertanian hortikultura. Pertanian hortikultura adalah pertanian yang mengembangkan jenis tanaman sayur-sayur dan buah-buahan.

c.   Dataran tinggi,  Permukaan dataran tinggi terletak di atas 200 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi dapat dimanfaatkan manusia, misalnya sebagai tempat peristirahatan, tempat menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Dataran tinggi biasanya merupakan daerah yang sejuk.

d.   Dataran rendah adalah wilayah di daratan dengan ketinggian antara 0–200 meter di atas permukaan laut. Umumnya daerah dataran rendah terdapat di sekitar pantai. Daerah dataran rendah dapat dimanfaatkan manusia untuk kegiatan pertanian, peternakan, perumahan, membangun industri, perkebunan tebu, perkebunan kelapa.

e.     Pantai adalah bagian dari daratan yang berbatasan langsung dengan laut.


3.                                 Kenampakan alam perairan terdiri dari :

a.       Sungai

aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

b.      Danau

cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

c.       Selat

sebuah wilayah perairan yang relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar, dan karenanya pula biasanya terletak di antara dua permukaan daratan.


4.                                 Gejala alam yang ada di lingkungan alam :

a.      Gempa bumi, bisa disebabkan oleh aktivitas gunung berapi (gempa vulkanik). Atau juga bisa disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi ( gempa tektonik).

b.    Gunung meletus, gunung api yang masih aktif bisa meletus sewaktu-waktu. Ketika meletus, gunung api mengeluarkan: magma, batu-batuan, kerikil, abu, dan gas.

c.  Banjir, Hujan deras terus-menerus biasanya akan diikuti bencana banjir. Lahan hutan digunduli juga dapat menyebabkan banjir. Banjir juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia. Misalnya, kebiasaan membuang sampah ke sungai dan ke selokan air.

d.      Kekeringan, menyebakan terjadinya kekurangan air bersih

5.                                 Pengaruh Kekurangan air bersih bagi kehidupan masyarakat di antaranya:

a.       Orang semakin sulit untuk mendapatkan air bersih.

b.      Untuk mendapatkan air bersih orang harus membeli air dari pedagang air.

c.  Banyak penduduk terserang penyakit karena mereka meminum, memasak, dan mandi memakai air yang tercemar.


6.                                 Perilaku atau tindakan yang dapat menyebabkan kerusakan alam, antara lain:

a.   Penebangan hutan secara liar; Hutan-hutan ini kaya akan sumber daya alam. Hutan dapat menghasilkan kayu. Hutan juga menjadi tempat tinggal berbagai jenis hewan. Hutan melindungi tanah dan air yang ada di bawahnya. Hutan juga mencegah terjadinya banjir. Tanpa hutan sungai akan mengering. Tanpa hutan banjir akan menerjang.

b.   Ladang berpindah, masyarakat Indonesia membuka hutan untuk berladang. Setelah lading tersebut tidak subur lagi, mereka membuka ladang di tempat yang lain. Membuka ladang baru biasanya disertai dengan membakar hutan.

c.  Membuang sampah sembarangan. membuangnya ke sungai atau ke selokan air. Ini bisa berbahaya, karena dapat menyebabkan banjir. Selain itu, sampah dapat merusak dan membunuh makhluk hidup yang hidup di sungai.

d.    Sampah dari limbah industri ini sangat berbahaya karena mengandung racun. Limbah industri bisa membahayakan hidup manusiadan makhluk hidup lainnya. Karena itu, limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Info Tempat Wisata Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea